LATIHAN UTS
NAMA :
RIKSON HABINSARAN BANUREA
NIM :
17190511
KELAS :
TI-17.4F.01
MATKUL :
INTERAKSI MANUSIA KOMPUTER
LATIHAN UTS
1. Media yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan
komputer untuk memberikan suatu perintah kepada komputer adalah definisi dari :
a. Program
b. Aplikasi
c. Interface
d. Komputer
e. CPU
2. Bagian yang berfungsi menghasilkan informasi
berdasarkan pengolahan data yang sudah dimasukan oleh pengguna lewat algoritma
adalah definisi dari:
a. Program
b. Aplikasi
c. Interface
d. Input
e. CPU
3. Media bentuk sederhana dialog antara manusia dan
komputer yang kurang menarik karena berisi teks adalah adalah :
a.Media Animasi
b.Media Gambar
c.Media GUI
d. Media Aplikasi
e. Media Tekstual
4. Bahasa pemrograman dibawah ini yang masih berbentuk
teks hasil outputnya adalah :
a. C++
b. Visual Foxpro
c. Delphi
d. Visual Basic
e. Macro Media Flash
c. Delphi
5. Bahasa merupakan sarana komunikasi yang akan
mengarahkan pengguna ketika ia berinteraksi dengan komputer adalah :
a. Ergonomik
b. Psikologi
c. Sosiologi
d. Linguistik
e. Antropologi
6. Dibawah ini adalah merupakan piranti (alat) output
pada perangkat keras (hardware), yaitu :
a. Keyboard
b. Bar Code Reader
c. Scanner
d. Mouse
e. Monitor
7. Dibawah ini adalah merupakan piranti (alat) input
pada perangkat keras (hardware), yaitu :
a. Monitor
b. Speaker Audio
c. Keyboard
d. Printer
e. LCD
d. Printer
8. Sistem komputer terdiri dari tiga aspek, yaitu :
a. Hardware, Software, Aplikasi
b. Brainware, Hardware, Software
c. Hardware, Brainware,Perangkat Keras
d. Aplikasi, Software, Brainware
e. Manusia, Brainware, Hardware
9. Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa
perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja
manusia ( Brainware ). disebut :
a. Hardware
b. Brainware
c. Komputer
d. Software
e. Sistem
10. Program yang digunakan untuk mengontrol sumber
daya komputer seperti CPU dan hardware masukan/keluaran adalah :
a. Ms-Windows
b. Ms-Excel
c. Ms-Access
d. Ms. Visual Basic
e. Ms. Visual Foxpro
11.Pada ragam dialog pengguna memberikan tanggapan
atas prompt yang berikan oleh komputer untuk memasukkan perintah atau parameter
perintah disebut...
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan Balik
12.Pada ragam dialog pengguna mempunyai kesempatan
melakukan customizing dan memperluas antarmuka dari sebuah sistem untuk
memenuhi kebutuhan disebut...
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan Balik
13. Pada ragam dialog jika pengguna melakukan
kesalahan komputasi, maka program akan menampilkan suatu pesan kesalahan
disebut...
a. Inisiatif
b. Kompleksitas
c. Kekuatan
d. Keluwesan
e. Umpan Balik
14. Dialog dimana pengguna (user) dihadapkan ke suatu
bentuk formulir dilayar komputer berisi sejumlah pengisian data dan opsi
(option) yang telah ditentukan adalah...
a. Form Filling Dialogue
b. Natural Language Interface
c. Programming Language Dialogue
d. Dialoque Style
e. Command line Dialogue
15. Beberapa perintah seperti DIR, COPY, FORMAT,
PASSWD, WHO, VI, LS merupakan terdapat pada kategori ragam dialog...
a. Programming Language Dialogue
b. Natural Language Interface
c. Form Filling Dialogue
d. Command line Dialogue
e. Salah Semua
16. Kondisi yang jelas dalam memberikan petunjuk untuk
manipulasi suatu obyek pada prinsip desain interface disebut...
a. Implied actions
b .Explicit actions
c. User Control
d. Aesthetic Integrity
e. Consistency
17. Mengijinkan user mengontrol dan menginisialisasi
aksi pada prinsip desain interface disebut…
a. Implied actions
b. Explicit actions
c. User Control
d. Aesthetic Integrity
e. Consistency
18. User dapat mentransfer pengetahuan dan kemampuan
dari suatu aplikasi ke aplikasi lain pada prinsip desain interface disebut…
a. Implied actions
b. Explicit actions
c. User Control
d. Aesthetic Integrity
e.Consistency
19. Tidak ada perbedaan antara yang dilihat di ayer
dengan hasil outputnya pada prinsip desain interface disebut…
a. Direct Manipulation
b. WYSIWYG
c. Aesthetic Integrity
d. Explicit actions
e. Implied actions
20 Membaca tulisan pensil dan mengubahnya menjadi
bentuk yang dapat dibaca oleh computer dimana mengenali dari ketebalan tulisan
…
a. OMR
b. Barcode Reader
c. MICR
d. QR Code
e. OCR
21. Gambar dibawah ini adalah jenis keyboard :
a. Keyboard Dvorak
b. Keyboard QWERTY
c. Keyboard Alphabetik
d. Keyboard Klockenberg
e. Keyboard Stenotype
22. Gambar dibawah ini adalah jenis keyboard :
a. Keyboard Dvorak
b. Keyboard QWERTY
c. Keyboard Alphabetik
d. Keyboard Klockenberg
e.Keyboard Stenotype
23. Dibawah ini adalah jenis Piranti perangkat keras
pengambilan gambar terformat, kecuali :
a. Bar Code Reader
b. Image Scanner
c. Magnetic Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical Mark Recognation (OMR)
e. Optical Character Recognation (OCR)
24. Dibawah ini yang merupakan jenis Piranti perangkat
keras pengambilan gambar tidak terformat adalah :
a. Bar Code Reader
b. Optical Character Recognation (OCR)
c. Magnetic Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical Mark Recognation (OMR)
e. Image Scanner
24. Dibawah ini yang merupakan jenis Piranti perangkat
keras pengambilan gambar tidak terformat adalah :
a. Bar Code Reader
b. Optical Character Recognation (OCR)
c. Magnetic Ink Character Recognation (MICR)
d. Optical Mark Recognation (OMR)
e. Image Scanner
25. Yang termasuk Peranti penunjuk:
a. Tombol Fungsi
b. Tombol Kontrol
c. Mouse
d. Tombol Alphanumerik
e. Tombol Numeric
26. Yang dimaksud sistem menu yang menampilkan semua
pilihan secara lengkap adalah ...
a. Sistem Menu datar
b. Sistem Menu Tarik
c. Highlight Marker
d. Menu Slider
e. Menu Pop Up
27.Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam perancangan
antarmuka berbasis grafis ….
a. Urutan penyajian
b. Kelonggaran
c. Pengelompokan
d. Kesederhanaan
e. Kesesuaian dengan media
28. Evolusi dari kode batang , caranya melakukan scan
melalui koneksi internet dengan kamera ponsel pintar …
a.QR Code
b.Barcode Reader
c.MICR
d.OMR
e.OCR
29. Pengguna memberikan tanggapan atas arahan dari
Komputer adalah …
a.Inisiatif oleh komputer
b.Inisiatif oleh pengguna
c.Keluwesan
d.Kompleksitas
e.Kekuatan
30.Perbandingan (ratio) kontrol/tampilan adalah …
a.Gerakan Tangan/Gerakan Kursor
b.Gerakan Kursor/Gerakan Tangan
c.Gerakan Tangan dan Kursor/waktu
d.Gerakan Kursor/Gerakan Tangan dan waktu
e.Waktu/gerakan tangan dan kursor
Komentar
Posting Komentar